Jumat, 05 April 2013

Posted by Anggii |


Perkembangan IT diIndonesia tentang Aplikasi Google Drive



Tentang Aplikasi Google Drive
Bekerja dengan lebih banyak lagi jenis file bila seseorang memasang aplikasi Google Drive dari Toko Web Chrome. Google drive berfungsi pada sejumlah aplikasi yang terus bertambah yang dapat seseorang pasang dari Toko Web Chrome. Dengan aplikasi tersebut, seseorang dapat mengedit gambar dan vidio, mengirim faks dan menandatangani dokumen, mengolah proyek, membuat bagan alur, dan lain lain. Beberapa pun banyaknya aplikasi yang seseorang pasang, seseorang juga dapat mengakses seluruh file seseorang dalam satu tempat Google Drive di web. 

Menurut perwakilan google, sundar pichai
Drive memungkinkan pengguna mengunggah dan mengakses berbagai file seperti video, foto, Google Docs dan PDF. Semua dapat dilakukan, seseorang dapat mengakses file dari mana saja, seperti dikantor, rumah, atau bahkan saat berada jauh dari perangkat seseorang.
Menurutnya Drive dapat digunakan di komputer Mac dan merek lain, selain itu Drive juga bisa digunakan di komputer tablet dan ponsel bersistem operasi android. Tidak hanya itu, pengguna yang mengalami gangguanpenglihatan pun dapat mengakses drive menggunakan alat pembaca layar (screen reader).
Pengertian Google Drive
Google Drive adalah layanan penyimpana dari milik google . Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. google drive juga memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu . Fitur-fitur yang terintergrasi dengan layanan google lainnya yaitu :Gmail, G+, dan google search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari Google Drive adalah API's untuk para developer.

Cara memasang Aplikasi Google Drive adalah :
Aplikasi ini tersedia di Toko Web Chrome dan dapat memasangnya untuk digunakan dalam Google Drive di web. Aplikasi kompatibel dengan semua browser yang di dukung.
  • Buka Toko Web Chrome 
  • Telusuri Aplikasi Drive 
  • Klik tombol +Tambahkan ke Drive yang berwarna biru 
  • Berikan otorisasioada aplikasi untuk mengakses file di Google Drive anda. catatan pelajari lebih lanjut tantang keamanan Aplikasi Google Drive. 
  • Klik pasang.
Jika anda mengalami masalah pada aplikasi yang telah anda pasang, inilah hal- hal yang harus dilakukan:
  • Buka menu setelan dan pilih kelola aplikasi
  • Klik detail di samping aplikasi yang membutuhkan dukungan
  • Baca informasi tentang aplikasi tersebut di halaman Toko Web Chromenya, termasuk informasi kotak dukungan
Membuka file dengan aplikasi Google Drive
Setelah seseorang memasang aplikasi Google Drive, aplikasi akan tampil dalam menu buka dengan pada Google Drive di web, untuk jenis file yang kompatibel dengan aplikasi tersebut. Misalya jika aplikasi pengeditan gambar terdaftar untuk membuka file JPEG, semua orang dapat membuka file JPEG apa pun di Google Drive dengan aplikasi tersebut.
Dibawah ini cara membuka file dengan aplikasi Google Drive:
  • Buka drive.google.com
  • Klik kanan file dalam Google Drive di web
  • Arahkan mouse ke Buka dengan 
  • Pilih nama aplikasi dari sub menu Buka dengan
  • File anda akan terbuka di aplikasi Google Drive yang anda pilih
Membuat file dengan aplikasi Google Drive  
Dengan Google Drive, semua orang dapat membuat lebih banyak lagi file dari pada dengan google dokumen karena beberapa aplikasi memungkinkan seseorang membuat jenis file lain di Google Drive, setelah memasang salah satu aplikasi tersebut, seseorang akan melihat jenis file dari aplikasi tersebut tercantum di menu Buat dalam Google Drive di web.
Dibawah ini cara membuat file dengan aplikasi Google Drive:
  • Buka drive.google.com
  • Klik kanan file dalam Google Drive di web
  • Arahkan mouse ke Buka dengan
  • Pilih nama aplikasi dari submenu Buka dengan
  • Aplikasi akan terbuka dan seseorang dapat mengerjakan file yang telah seseorang buat dan simpan. seseorang dapat mengaksesnya kapan saja,dan dimana saja, contohnya seperti di Google Drive di web.
Semua orang juga dapat menyamakan file yang telah seseorang buat menggunakan aplikasi Google Drive ke folder Google Drive di komputer seseorang.Pilih file yang ingin di samakan ke komputer.
Membuka atau menyimpan file Google Drive dari aplikasi
Semua orang dapat membuka file yang tersimpan dalam Google Drive di web dari dalam aplikasi itu sendiri, tanpa membuka Google Drive di web. Misalnya seseorang membuka sebuah aplikasi dan ingin mengerjakan file yang seseorang simpan di Google Drive .Seseorang dapat membuka file Google Drive tersebut langsung dalam aplikasi tersebut. Seseorang juga dapat menyimpan file ke Google Drive yang telah seseorang buat atau temukan dalam aplikasi di luar Google Drive itu sendiri. Ada beberapa cara untuk menyimpan file ke Google Drive:
  • Saat seseorang bekerja di aplikasi Google Drive,file akan di simpan ke Google Drive ketika seseorang  menyimpan perubahan yang seseorang buat pada file tersebut.
  • Dalam aplikasi,seseorang mungkin melihat opsi "Ekspor ke Google Drive","Simpan salinan ",atau "Kirim ke Drive". Bila seseorang memilih opsi tersebut,file akan tersimpan secara otomatis ke Google Drive.
     Ini adalah hal-ahal yang dapat anda lakukan dengan Aplikasi Google Drive:
  1. Mengakses file Google Drive dari aplikasi diluar Google Drive
  2. Berbagi jenis file apa pan,termaksud file yang di buat dengan aplikasi Google Drive
  3. Mengakses dan membuka file di Google Drive
  4. Membuat file baru di Google Drive dari jenis file aplikasi tersebut
  5. Menyimpan file ke Google Drive dari aplikasi di luar Google Drive 
Kelemahan perkembangan IT tentang Aplikasi Google Drive
  • Jika anda mengalami masalah pada aplikasi yang telah anda pasang, inilah hal- hal yang harus dilakukan:
1.   Buka menu setelan dan pilih kelola aplikasi
2.   Klik detail di samping aplikasi yang membutuhkan dukungan
3.   Baca informasi tentang aplikasi tersebut di halaman Toko Web Chromenya, termasuk informasi kotak dukungan  
  • Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia tidak semua tempat memiliki akses internet yang memunkinkan dapat berjalan dengan lancar.
Keunggulan perkembangan IT tentang Aplikasi Google Drive
  • Buka dan lihat file apapun
Lihat lebih dari 30 jenis file langsung di browser seseorang, termasuk file gambar,video HD,Adobe Illustrator,dan Photoshop, bahkan jika perangkat seseorang tidak menjalan kan perangkat lunak asli file tersebut.Simpan file dari smartsheet,docusign,atau skiderocket, dan aplikasi web lainnya langsung ke Google Drive, serta letakkan aplikasi tersebut dengan membuka jenis file ini dari Drive seseorang.
  • Simpan file seseorang di tempat yang aman   
musibah terjadi setiap saat. Ponsel terkena air. Laptop mati total. Apapun yang terjadi dengan perangkat seseorang file seseorang tersimpan dengan aman di Google Drive.
  • Akses dimana saja
Google Drive di Mac, PC, atau perangkat seluler (atau browser seseorang) memberikan satu tempat untuk versi terbaru file seseorsng dari mana saja. Selain jenis file yang  seseorang pilih untuk diunggah, google documents juga disimpan di google drive. 
  • Penelusuran yang canggih
seseorang tidak perlu lagi memikirkan di folder mana seseorang meletakkan dokumen dan temukan dengan tepat, apa yang seseorang cari dengan penelusuran cepat  yang dikembangkan oleh Google.telusuri konten yang telah seseorang buat dan dokumen yang telah dibagikan dengan seseorang.
  • Lebih dari penyimpana kolaborasi
Google Drive Memungkinkan seseorang melakukan lebih dari tidak sepenuhnya penyimpanan file. Bagikan file dengan seseorang tertentu saja dan edit file tersebut bersama-sama dari perangkat apapun.
Google Drive memberikan akses cepat ke Google Documents, rangkaian alat pengeditan yang membuat pekerjaan bersama lebih baik, bahkan ketika teman satu tim berada jauh dari seseorang.
  •  Riwayat rivisi
Telusuri semua perubahan yang telah dibuat oleh seseorang dan tim seseorang pada setiap dokumen. Riwayat revisi yang teperinci memungkinkan seseorang melihat kembali setiap dokumen setelah serangkaian pengeditan dan seseorang selalu dapat mengembalikan versi sebilumnya jaka seseorang menginginkannya.
  • Formulir yang mudah
Buat formulir dengan editor formulir yang mudah dan kumpulkan data dari teman kerja atau pelanggan. Semua respons dicatat dalam spreadsheet sehingga mudah dianalisis dan dibagikan.
  • Gaya khusus
Memberikan format yang konsisten pada dokumen mudah dilakukan dengan gaya khusus yang memungkinkan seseorang menentukan gaya defauld untuk hal-hal seperti judul, subjudul, text isi, dan lain-lain.
  • Dirancang untuk keamanan
Google Drive dirancang untuk keamanan dan kehandalan dengan fitur seperti autentikasi dua langkah, sambungan yang dienkripsi ke server google, penyimpanan yang bersamaan digandakan untuk dokumen seseorang, pemulihan bencana terpasang, dan kontrol berbagi terperinci yang memungkinkan seseorang berbagi pekerjaan seseorang dengan orang-orang yang tepat.
  • Rumus Canggih 
Google spreadsheets berisi banyak sekali fungsi terpasang untuk semua kebutuhan keuangan, statistik, matematika, dan basis data standar yang seseorang harapkan, serta beberapa fungsi unik yang membantu seseorang mengambil data langsung dari web.
  • Bagan dan slot
Google spreadsheets mempermudah dalam membuat bagan standar seperti grafik garis, diagram hambur, bagan lingkaran, bagan batang dan lain-lain. Seseorang juga dapat menangkap lebih banyak data dalam jenis bagan dinamis yang unik seperti bagan garis waktu, bagan gerak, dan lain-lain.
  • Alat analisi data
Google spreadsheets berisi alat analisis data canggih seperti tabel pivot, filter, validasi data, dan pemecah.
Manfaat perkembangan IT tentang google drive secara umum
  • Penyimpanan data online
Yang pasti kehadiran google drive memberikan kesempatan bagi semua orang untuk memberikan alternatif tempat penyimpanan data. Data adalah aset yang sangat berharga yang harus dilindungi dan dirawat. Media penyimpanan yang sering dipakai saat ini adalah flash drive, harddisk,atau CD/DVD, dengan hadirnya media penyimpanan online, maka keberadaan data akan bisa akses dimanapun, dengan catatan harus ada akses internet tanpa sibuk membawa media penyimpanan data.
Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia tidak semua tempat memiliki akses internet yang memunkinkan dapat berjalan dengan lancar.
  • Sarana berbagi file
Adanya feature untuk berbagi data tersebut dengan seseorang. Layanan google yang sering seseorang pergunakan Google Docs. Dengan Google Docs seseorang bisa membuat sebuah tulisan yangfile tersebut bisa dishare dengan rekan-rekan sehingga semua orang bisa saling bekerja sama tanpa harus bertemu tatap muka. Hasil pekerjaan pun menjadi cepat selesai. Seseorang bisa upload semua dokumen office ke Google Doc, sehingga seseorang tidak perlu kawatir dokumen tersebut hilang. Dengan menu upload semua dokumen bisa semua orang pindahkan ke Google Doc dengan cepat. Folder pun bisa semua orang buat layaknya seperti menggunakan komputer biasa. Dengan pelayan Google Drive, space penyimpanan menjadi lebih banyak sehingga dokumen yang bisa diupload atau dibuat akan lebih banyak pula.Dengan Google Doc user tidak perlu instal word processornya, cukup masuk ke Google Doc. Keberadaan Google Doc membuat user hemat karena tidak perlu install software word processor ke komputer. Lepas dari keuntungan penggunaan layanan penyimpanan data online, satu hal yang harus menjadi perhatiaan adalah keamanan akun semua orang. semua orang harus pintar-pintar proteksi keamanan akun tersebut. seseorang harus sadar jika satu akun di Google dipergunakan untuk akses semua feature yang ditawarkan Google. Jadi password dan username adalah satu pasang kunci sakti yang harus dijaga baik-baik. 

Manfaat perkembangan IT tentang KARNAVAL IT IBI Darmajaya 

Semua orang dapat mengetahui perkembangan IT diIndonesia,perkembangan terbaru ataupun perkembangan yang belum di ketahui oleh seseorang, dan perkembangan IT yang sudah di ketahui dapat di kembangkan lagi lebih dalam. Salah satunya dengan perkembangan IT seperti Aplikasi Google Drive diIndonesia sudah mulai di kenal oleh orang banyak,dan kita bisa mengaksesnya dengan mudah . Google Drive adalah layanan penyimpana dari milik google . Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. google drive juga memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu . Fitur-fitur yang terintergrasi dengan layanan google lainnya yaitu :Gmail, G+, dan google search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari Google Drive adalah API's untuk para developer.
Cara memasang Aplikasi Google Drive adalah : Aplikasi ini tersedia di Toko Web Chrome dan dapat memasangnya untuk digunakan dalam Google Drive di web. Aplikasi kompatibel dengan semua browser yang di dukung.
  • Buka Toko Web Chrome 
  • Telusuri Aplikasi Drive 
  • Klik tombol +Tambahkan ke Drive yang berwarna biru 
  • Berikan otorisasioada aplikasi untuk mengakses file di Google Drive anda. catatan pelajari lebih lanjut tantang keamanan Aplikasi Google Drive. 
  • Klik pasang.
Keunggulan dari aplikasi Google Drive, Buka dan lihat file apapun, Simpan file seseorang di tempat yang aman, Akses dimana saja, Penelusuran yang canggih, Lebih dari penyimpana kolaborasi, Riwayat rivisi, Formulir yang mudah, Gaya khusus, Dirancang untuk keamanan, Rumus Canggih, Bagan dan slot, Alat analisi data,kelemahannya. Kelemahan Aplikasi Google Drive
  • Jika anda mengalami masalah pada aplikasi yang telah anda pasang, inilah hal- hal yang harus dilakukan:
  1. Buka menu setelan dan pilih kelola aplikasi 
  2. Klik detail di samping aplikasi yang membutuhkan dukungan
  3. Baca informasi tentang aplikasi tersebut di halaman Toko Web Chromenya,  termasukinformasi kotak dukungan
  • Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia tidak semua tempat memiliki akses internet yang memunkinkan dapat berjalan dengan lancar.

1 komentar: